Kamis, 28 Oktober 2010

KOMPILASI HUKUM ISLAM

9 Oktober 2010




Kompulasi hokum islam menurut kamus adalah : Kumpulan yang tersusun secara teratur ( tentang daftar informasi karangan – karangan dan sebagainya ) himpunan atau aturan2 atau kaedah2 dalam bidang tertentu dari hokum islam.
Pengertian Hukum islam adalah : aturan2 yang didasarkan pada ajaran islam. Ada 2 istilah yang sering di terjemahkan dalam hokum islam.
yaitu fiqih dan syari’ah. Ke dua istilah ini sering diberi pengertian yang sama pensifil, keduanya sering dianggap identik.
Fiqih menurut pengertian bahasa adalah paham atau tahu. Menurut istilah dalam ilmu fiqh, fiqh diartikan pengetahuan tentang hokum syarat atau syari’at, hasil pemahaman tentang syari’at yang bersumber dari alquran dan assunnah. Disusun dalam kitab2 fiqh, jadi fiqh adalah hasil pemikiran atau ijtihad para ulama berdasarkan alquran dan assunnah.
Pengertian syari’at Adalah yang telah di tetap kan dalam hokum allah adalah qot’i. hokum islam kebenaranya mutlaq sepanjang masa dan dimana saja, sedang hokum islam dalam artian fiqh kebenarannnya tidak bersifat mutlaq tetapi relative, dan disesuaikan menurut setuasi dan daerah dimana hokum itu di terapkan dan yang disebut zonni atau ijtihadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar